Pengertian, Sejarah, dan Fungsi-fungsi pada Bahasa Pemrograman HTML dan CSS

Kamis, 18 Oktober 2012 | komentar (2)



Bismillahirahmanirahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat siang dan Salam sejahtera bagi kita semua.
Puji Syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita banyak sekali nikmat, salah satunya nikmat sehat sehingga kita bisa berjumpa pada kesempatan yang berbahagia ini. Shalawat dan salam bagi Rasulullah SAW.
Oke Selamat siang sahabat DP4Update semuanya. Senang sekali rasanya bisa menulis artikel lagi :D , oyah saya ingin memenuhi janji saya tadi pagi atau di postingan sebelumnya tentang melanjutkan bahasan tentang Bahasa Pemrograman, kali ini saya ingin membahas tentang Bahasa Pemrograman HTML dan CSS. Sebelum kita masuk ke penjelasan mengenai topik kita kali ini, saya ingin singgung sedikit beberapa kesalahan orang-orang yang baru belajar web development. Hal ini saya jelaskan bukan untuk menjatuhkan, melainkan sebagai koreksi untuk mendorong sobat-sobat semua agar lebih maju dalam ber-webdevelopment, sehingga nantinya jadi tau arah ketika akan belajar web development. Banyak orang yang bergelut dalam bidang web development awalnya tidak melewati pembelajaran HTML terlebih dahulu, sebagian besar menggunakan CMS (Content Management System), ataupun karena kemudahan penggunaan software seperti Adobe Dreamweaver. Sehingga dari sinilah orang menyangka untuk bisa membuat website, atau mahir dalam web development itu harus menggunakan Adobe Dreamweaver, jadi ngapain harus repot-repot belajar HTML? Sebetulnya pernyataan ini tidak 100% benar, dan juga tidak 100% salah. Orang yang ketika pertama kali menggunakan Dreamweaver merasakan teramat susahnya ketika belajar sendiri tanpa bantuan buku atau tutorial. Bahkan meskipun ada buku ataupun tutorial pun masih tetap saja kesulitan menggunakan Dreamweaver. Sehingga koreksi dari penulis, agar dapat dengan mudah mengerti dalam menggunakan software web development para web developer haruslah memiliki dasar-dasar/basic yaitu HTML + CSS yang kuat, sehingga ketika memakai aplikasi seperti Adobe Dreamweaver itu menjadi sangat mudah. Oke yuk kita masuk ke topik pembahasan kita , Sebelumnya ada yang sudah tau atau sudah kenal dengan bahasa pemrograman HTML dan CSS ? Mungkin beberapa dari sobat visitor ada yang sudah kenal bahkan sudah menguasai bahasa pemrograman dasar ini. Untuk yang belum kenal atau baru tau apa itu HTML dan CSS yuk kita belajar sama-sama.
Apa itu HTML?
Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang di tandai. HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti
akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.
Sebelum suatu HTML disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, ia harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode HTML yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkan HTML tersebut.

HTML versi 1.0
Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0
Pada versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML versi 3.0
HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTML versi 4.0
HTML versi 4 adalah sebuah aplikasi SGML sesuai dengan ISO 8879 - SGML. April 1998: HTML 4.0 dikeluarkan kembali dengan suntingan kecil tanpa kenaikan nomor versi.

HTML versi 5.0
HTML versi 5.0 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.
HTML5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.
Pada HTML 5 diperkenalkan beberapa elemen baru dan atribut yang merefleksikan tipikal penggunaan website modern. Beberapa diantaranya adalah pergantian yang bersifat semantik pada blok yang umum digunakan: yaitu elemen (<div>) dan inline (<span>), sebagai contoh (<span>) (sebagai blok navigasi website) dan <footer> (biasanya dikaitkan pada bagian bawah suatu website atau baris terakhir dari kode html). Banyak elemen lain yang memberikan kegunaan baru melalui antar muka yang telah distandarkan, seperti elemen multimedia <audio> dan <video>. Beberapa elemen yang telah ditinggalkan juga ditiadakan, termasuk elemen presentasi semata seperti <font> dan <center>, yang sebenarnya dapat dikerjakan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS).
Untuk menambah keluwesan pemformatan, pada HTML5 telah dispesifikasikan pengkodean Application Programming Interfaces (APIs). Antarmuka document object model (DOM) yang ada dikembangkan dan fitur de facto didokumentasikan. Beberapa APIs terbaru pada HTML5 antara lain :
  • Elemen canvas, sebagai mode untuk menggambar object dua dimensi (2D). Lihat spesifikasi 1.0 untuk canvas 2D.
  • Timed media playback
  • Media penyimpanan luring (aplikasi web luring). Lihat Web Storage
  • Penyuntingan dokumen
  • Drag-and-Drop
  • Cross-document messaging
  • Manajemen sejarah kunjungan penjelajah web
  • Tipe MIME dan penanggung jawab protokol registrasi.
Tidak semua teknologi di atas dimasukkan pada spesifikasi HTML5 W3C, meski teknologi tersebut telah termaktub dalam spesifikasi milik WHATWG HTML.Beberapa teknologi yang juga terkait namun tidak dijadikan bagian dalam spesifikasi HTML5 W3C dan WHATWG HTML5 adalah :
  • Geolocation
  • Web SQL Database, media penyimpanan database lokal.
  • API Database terindeks, mode penyimpanan hierarkis key-value (WebSimpleDB).
HTML 5 adalah versi terakhir pada saat sumber ini diambil.

Fungsi HTML
HTML telah mengubah dunia internet, kurang lebih berikut adalah fungsi utama :
• Membuat, mendesain, dan mengontrol tampilan dari Web Page (Halaman Web) dan isinya.
• Mempublikasikan document secara online sehingga bisa diakses, dilihat dari keseluruh dunia.
• Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
• Menambahkan object – object seperti image, audio, video dan juga java applet (aplikasi java seperti java game dll) dalam document HTML.

Lebih dalam mengenai Struktur HTML ?
Pada dasarnya elemen HTML ada 2 kategori:
1. Elemen berfungsi untuk memberikan informasi atau mendeklarasikan dokumen tersebut.
2. Elemen berfungsi untuk menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan pada browser.
Sebelum kita mengakhiri semua teori ini, ada 2 tools (alat) yang dibutuhkan :
1. Browser
Browser merupakan software yang di install di mesin client (komputer kita sebagai pengguna website) yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Contoh browser Internet Explorer, Mozila, opera dan masih banyak yang lainya.
2. Editor
Editor adalah program yang bisa digunakan untuk membuat document HTML (Web page/Halaman Web), ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya: Ms FrontPage, Dreamweaver, Notepad, dll.

Oke cukup sekian aja informasi dari saya mengenai Pengertian, Sejarah, dan Fungsi-fungsi pada Bahasa Pemrograman HTML dan CSS. Sebenarnya masih banyak sekali yang harus dipelajari pada Bahasa pemrograman HTML dan CSS ini, mohon maaf sekali saya tidak bisa menjelaskan semuanya secara detail, silahkan anda mempelajari bahasa pemrograman ini sendiri secara autodidak, karena saya juga belum mahir, anda bisa mempelajari Bahasa Pemrograman HTML dan CSS ini pada website W3Schools, disana banyak sekali tutorial-tutorial tentang bahasa pemrograman HTML dan CSS ini. tidak hanya itu disana anda juga bisa mempelajari bahasa-bahasa pemrograman yang lain seperti JavaScript,jQuery,AJAX dan masih banyak lagi.Jika anda ingin W3Schools yang bisa dipelajari tanpa menggunakan Internet/Online anda bisa menggunakan W3Schools versi Offline, jika ingin mendownload W3Schools versi offline tersebut anda bisa mendownloadnya di link bawah ini:
Spoiler for download w3schools offline via IDWS:

Download here

password : dp4update




Disini saya tidak hanya memberikan W3Schools versi Offline, saya juga akan memberikan E-Book yang saya miliki tentang pengertian dan juga tutorial-tutorial Bahasa Pemrograman HTML dan CSS, silahkan bisa anda Download langsung di link bawah ini:
Spoiler for download Ebook via IDWS:

Download here

password : dp4update



Saya akhiri artikel ini, bila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan dengan cara komentar di kolom komentar atau bisa dengan menghubungi saya. Mohon maaf bila masih banyak kekurangan dalam artikel ini. Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya dan sudah mau baca artikel saya. Bila link tidak bisa atau error silahkan komentar agar nanti link nya saya betulkan :) Silahkan di bagikan kepada semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh , selamat sore dan selamat menjalankan aktivitas kembali :)
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

21 Oktober 2015 pukul 20.22

Thank you for the information, articles you nice and really helped me...!!!

26 Januari 2016 pukul 13.32

Jadi mudah belajarnya gan karena infonya sangat lengkap.

bagi agan yang berminat belajar komputer bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Komputer di Denpasar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan tutur kata yang baik dan sopan :)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DP4Update - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger