Di Asia, Kecepatan Internet Indonesia Paling Lambat

Sabtu, 20 Oktober 2012 | komentar



Bismillahirahmanirrahim..
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat malam sahabat pengunjung DP4Update , selamat beristirahat dari segala aktivitas hari ini, selamat malam mingguan juga bagi yang ingin berpergian dengan teman,sahabat,pacar atau pasangan-pasangannya, yang baca artikel ini pasti jomblo yakann ? :p wkwk
Sudah hampir dua hari ini saya tidak update postingan dikarenakan tidak adanya koneksi internet dirumah *loh curhat wkwk :p Mohon dimaafkan ya :D Sudahlah tidak usah terlalu banyak basa basi , langsung aja kita ke topik bahasan kita. Tadi saya berkunjung ke website website lalu saya menemukan artikel yang baru update hari ini, salah satunya yang saya baca judul artikelnya yaitu Di Asia, Kecepatan Internet Indonesia Paling Lambat. Waduh prihatin banget ya saya sebagai anak Indonesia turut bersedih karena kecepatan internet di Indonesia sampai sekarang belum bisa mengalahkan kecepatan di negara-negara asia lainnya :( Tapi saya yakin suatu saat nanti Indonesia pasti bisa jadi lebih baik! Udahlah gausah banyak basa basi langsung ke beritanya yuk..

Menurut hasil laporan dari Akamai, rata-rata kecepatan Internet di Indonesia paling rendah, jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang ada di Asia Pasifik.

Rata-rata kecepatan Internet di kuartal 2 tahun 2012 ini hanyalah 0,8 Megabit per detik atau setara dengan sekitar 100 Kilobyte per detik.

Walaupun begitu, kecepatan Internet di Indonesia di kuartal ini meningkat 7,2 persen dari kuartal lalu dan meningkat 20 persen dari tahun lalu.

internet
(gambar: Akamai)

Pemilik kecepatan Internet tertinggi di wilayah Asia-Pasifik adalah Korea Selatan. Di negeri K-Pop tersebut, para pengguna rata-rata menggunakan Internet dengan kecepatan 14,2 Megabit per detik atau setara dengan 1,817 Kilobyte per detik.

Negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia, memiliki ranking yang lebih baik untuk masalah kecepatan Internet. Rata-rata pengguna di Singapura dan Malaysia dapat mengakses Intenet dengan kecepatan 5,1 Megabit per detik (652 kilobyte per detik) dan 2,2 Megabit per detik (281,6 kilobyte per detik).

Menurut Chairman Mastel, Setyanto P Santosa, koneksi Internet di Indonesia lambat karena Indonesia salah kaprah dalam menetapkan broadband.

"Sekitar 95 persen koneksi internet di Tanah Air masih memakai koneksi wireless, sisanya memakai kabel. Indonesia itu salah kaprah," kata Setyanto.

Menurutnya, teknologi wireless itu didesain untuk low traffic. Namun, di Indonesia, koneksi itu malah digunakan untuk traffic tinggi. Akibatnya, koneksi internet di Indonesia terkesan lambat.

Padahal, kata Setyanto, sebagai negara berkembang, justru koneksi fixed broadband yang harus diperbesar, bukan malah koneksi wireless.

Sekian saja ya informasi dari saya kali ini, mohon maaf bila masih banyak kekurangan dari artikel saya :) Terima kasih sudah berkunjung ke DP4Update dan sudah mau baca artikel saya :) Sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya :D Selamat malam dan selamat menjalankan aktivitasnya kembali :D
Wabillahi taufiq walhidayah Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..


Sumber: http://tekno.kompas.com/read/xml/2012/10/20/15404064/Di.Asia..Kecepatan.Internet.Indonesia.Paling.Lambat
Share this article :

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan tutur kata yang baik dan sopan :)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DP4Update - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger